Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api Berkobar di Puncak Pass Resor

Kompas.com - 25/01/2016, 10:43 WIB
BANDUNG, KOMPAS — Puncak Pass Resor di Jalan Raya Puncak, Desa Ciloto, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terbakar, Sabtu (23/1/2016) sekitar pukul 04.15. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Api yang berkobar menghanguskan sejumlah bagian dalam gedung utama, seperti lobi, ruang pertemuan, dan restoran.

"Dari keterangan sejumlah saksi bagian front office dan sekuriti hotel, api diperkirakan bermula dari bagian dapur. Bangunan hotel yang dominan terbuat dari kayu diperkirakan turut memacu api menjadi sangat cepat menjalar," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jabar Komisaris Besar Sulistyo Pudjo Hartono, Sabtu, di Bandung.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Cianjur Ajun Komisaris Besar Asep Guntur Rahayu mengemukakan, kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik.

Dalam waktu sekitar dua jam, api dapat dipadamkan. Sekitar 20 petugas dari Kepolisian Sektor Pacet dan Polres Cianjur serta sejumlah personel dari Batalyon Artileri Medan 5/105 Tarik juga turut membantu kegiatan evakuasi petugas dan tamu hotel.

Asep mengemukakan, untuk mengetahui penyebab kebakaran, pihaknya menunggu hasil penyelidikan dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Kepolisian Negara RI.

"Apabila nanti dari hasil Puslabfor ditemukan kejanggalan, tentu akan dilakukan pengembangan penyelidikan. Dalam kejadian kebakaran ini, kami fokus dulu pada evakuasi dan keselamatan petugas dan tamu hotel," tutur Asep.

Kebakaran yang terjadi di Puncak Pass Resor ini tidak mengganggu warga untuk berlibur di kawasan Puncak, kemarin. Seperti pada setiap Sabtu, jalur menuju ke kawasan berhawa sejuk itu selalu padat dan diberlakukan sistem buka-tutup kendaraan. Puncak pun banyak dikunjungi turis dari Arab. (sem/rts)

Artikel ini sebelumnya tayang di Kompas Siang edisi Minggu (24/1/2016) dengan judul "Api Berkobar di Puncak Pass Resor"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com