Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Pembobol Bank Punya 159 E-KTP

Kompas.com - 21/01/2016, 16:45 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bercerita bahwa dirinya menerima laporan bahwa Direskrimum Polda Metro Jaya telah mengamankan seorang pembobol bank dan ATM yang memiliki 159 kartu tanda penduduk elektronik.

"Saya kemarin diundang ngopi oleh Direskrim Polda Metro, polisi menceritakan ada orang yang memiliki 159 e-KTP asli, seluruh wilayah Indonesia ada, pekerjaannya pembobol bank, pembobol ATM," kata Tjahjo di Bengkulu, Kamis (21/1/2016).

Di setiap KTP itu, lanjtu Tjahjo, tertera nama yang berbeda-beda dengan foto yang beragam gaya, namun tetap satu wajah. Statusnya diisi bergantian "menikah" dan "lajang".

Tjahjo lalu menuturkan pengalamannya saat pertama kali masuk ke Kemendagri. Dia menemukan lebih dari 8 juta e-KTP ganda.

Selain persoalan e-KTP, Tjahjo juga menyebutkan hampir 30 persen penduduk Indonesia tak memiliki akte kelahiran.

"Kemendagri untuk akte kelahiran dan e-KTP menggunakan sistem jemput bola, para bidan yang membantu kelahiran kami meminta untuk segera mendata bayi yang baru dibantu kelahirannya," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com