Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Densus 88 Gerebek Rumah Terduga Teroris di Bandung

Kompas.com - 10/01/2016, 21:31 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Tim Densus 88 dan Polda Jabar menggerebek sebuah rumah tinggal pelaku terduga teroris di Jalan Mengger, Pasirluyu, RT 10, RW 8, Kelurahan Pasirluyu, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Minggu, (10/1/2016) sore tadi.

Penggerebekan ini diduga terkait penangkapan para pelaku terduga teroris dan radikal ISIS, jaringan Solo dan Bekasi yang telah ditangkap sebelumnya ditempat berbeda.

"Kegiatan ini penggeledahan salah satu rumah pelaku anggota teroris, ini ada kaitannya dengan pelaku kelompok Solo dan ada kaitannya dengan pelaku terorisme di Bekasi," kata Wakapolda Jabar Brigjen M Taufik di Bandung, Minggu, (10/1/2015).

Taufik kemudian mengatakan, ketiga pelaku terorisme telah diamankan sebelumnya. "Ketiga pelaku yang diamankan MAS atau AJM ditangkap pada 8 januari (2016) di Rawa Badak, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Pada tanggal 9 Januari, inisial AS ditangkap di Ciwidey Kabupaten Bandung, dan malamnya sekitar pukul 20.30 ditangkap, inisial AA," kata Taufik.

Dalam penggerebegan itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya, tas, koper, ponsel dan uang tunai.

"Kita akan lakukan pengembangan dengan apa yang kita dapat di rumah salah satu terduga pelaku teroris itu," kata dia.

Apakah para pelaku terduga teroris yang telah ditangkap itu merupakan pelaku yang meletakan bom molotov di bawah mobil salah satu televisi nasional, tepatnya di kawasan Dalem Kaum, seberang rumah dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil? Taufik menjawab, pihaknya masih sedang melakukan pendalaman.

"Kita belum bisa pastikan, baru kita ungkap pelaku Solo dan Bekasi. Nanti kita lakukan pendalaman apakah nanti ada kaitannya dengan di Bandung," jawabnya.

"Ini kan masih baru, kita masih belum bisa mengungkap secara lengkap, namun masyarakat harus selalu waspada terhadap ancaman teror," tambah dia.

Taufik menerangkan, lokasi itu rumah MAS atau AJM terduga teroris yang ditangkap pada 8 Januari di Rawa Badak, Jakarta Utara.

"Informasinya dia tinggal di sini sudah 5 tahun, pelaku (MAS atau AJM) bekerja di Jakarta tapi tinggal di Bandung (rumah yang digerebek ini), makanya kita tangkap di kawasan Koja (Jakarta Utara)," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com