Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Korban Kebakaran Hotel Marbella Bandung Dirawat Intensif

Kompas.com - 09/01/2016, 13:17 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Tiga korban kebakaran Hotel Marbella Suites, Dago Pakar Tower di kawasan Jalan Sentra Dago Pakar, Bandung Utara, di Bandung, Jumat (8/1/2015) malam, masih menjalani perawatan intensif di RS Boromeus Bandung karena luka bakar.

"Ada tiga korban kebakaran semalam yang saat ini masih menjalani perawatan di RS. Boromeus. Mereka mengalami luka bakar," kata Pudjo, Sabtu (9/1/2016).

Selain tiga orang itu, sejumlah karyawan hotel dan tamu hotel lainnya juga sempat menjalani perawatan. Selain karena luka bakar, para korban menderita gangguan pernapasan karena menghirup asap pekat yang ditimbulkan dari kebakaran di hotel dengan 16 lantai itu.

"Korban hanya luka-luka saja. Beruntung, tidak ada korban jiwa," kata Pudjo.

Adapun identitas tiga korban yang masih dalam perawatan itu, Dela Hajimah (15), warga Bekasi Barat, serta Randi Jefri (25) dan Ruth Oktavia (28), warga Bogor.

Polisi, lanjut Pujdo, melakukan olah TKP pasca-kebakaran tersebut. Berdasarkan hasil penyelidikan, titik api diduga berasal dari travo listrik atau panel listrik di lantai 5 mengalami kerusakan, kemudian api menjalar ke atas.

"Dugaan karena konsleting listrik, travo listrik di lantai 5 mengalami kerusakan, sehingga menimbulkan api," kata Pudjo.

Kepala Bidang Pemadaman Dinas Kebakaran Kota Bandung, Yosep Heryansyah mengatakan, begitu api mengamuk, ratusan karyawan hotel dan para tamu berhamburan keluar.

Saat itu, hotel hampir terisi penuh dikunjungi tamu. Api pertama kami diketahui oleh salah satu karyawan hotel tersebut. Tak sedikit dari mereka yang terjebak di dalam hotel.

"Kami sempat kesulitas menyelamatkan, mengevaluasi mereka yang terjebak di dalam. Api sulit dipadamkan dan asap pekat menyulitkan kami menyelamatkan mereka, kemudian karena gedung tinggi. Tapi, berkat kerjasama dan tekad keras kami, akhirnya berhasil menyelamatkan mereka yang terjebak di dalam, bahkan yang berada di lantai paling atas sekalipun," kata Yosep saat dikonfirmasi terpisah.

Yosep mengatakan, api muncul sekitar pukul 19.30 WIB. Petugas Diskar menerima laporan sekitar pukul 20.00 WIB. Sebanyak 12 pancar mobil pemadaman dan resque langsung diterjunkan.

Meski sempat kesulitan melakukan pemadaman, petugas berhasil memadamkan dan menemukan titik api sekitar 30 menit kemudian.

"Kami berhasil jinakkan api sekitar setengah jam kemudian. Setelah itu, kami melakukan pendinginan dan penyisiran ke kamar-kamar, barangkali masih ada korban di kamar-kamar hotel yang terjebak, tetapi Alhamdulillah seluruhnya sudah terevakuasi," kata Yosep.

Pendinginan dan penyisiran dilakukan sampai tengah malam. Setelah dipastikan api padam dan tak ada korban terjebak, tim petugas Diskar Kota Bandung kembali ke Mako sekitar pukul 00.00 WIB dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com