Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangarmabar: Laut Natuna Rawan Kejahatan Perairan

Kompas.com - 07/01/2016, 15:46 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A Taufiq R mengungkapkan, kawasan Laut Natuna rawan kejahatan perairan.

Laut Natuna yang kaya sumber daya ikan membuat aksi illegal fishing yang dilakukan nelayan asing maupun lokal kerap terjadi.

Selain itu, Laut Natuna juga menjadi jalur lalu lintas aktivitas illegal logging, illegal mining, perdagangan manusia, penyelundupan narkoba, TKI ilegal dan pelanggaran lintas batas.

"Permasalahan tersebut, menjadi hal khusus yang harus diwaspadai Lantamal XII. Keberadaan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI I) di perairan barat Kalimantan merupakan alur pelayaran yang dilalui kapal-kapal asing maupun lokal harus terjamin keamanannya," kata Taufiq, Kamis (7/1/2016).

Pernyataan tersebut disampaikan Taufiq dalam upacara serah terima jabatan Komandan Lantamal XII Pontianak dari Laksamana Pertama TNI Heru Santoso kepada Brigadir Jenderal TNI (Mar) M Hari.

Upacara sertijab itu digelar di lapangan ppel Markas Komando Lantamal XII Jalan Komodor Yos Sudarso, Pontianak, Kalbar.

Sebagai pangkalan yang berada dalam lintasan Laut Natuna, lanjut Taufiq, Lantamal XII memiliki tanggung jawab dalam menciptakan stabilitas keamanan di wilayah tersebut.

"Wilayah kerja Lantamal XII sangat strategis karena berbatasan langsung dengan negara Malaysia yang berpotensi menimbulkan permasalahan, khususnya batas wilayah daratan dan laut kedua negara seperti kasus perbatasan di Tanjung Datu beberapa waktu lalu," ujar Taufiq.

Untuk itu, Taufiq meminta agar Brigjen TNI (Mar) M Hari mengemban tugas dengan baik serta manfaatkan kesempatan ini untuk menggali potensi diri dan meraih prestasi dalam penugasan  di  wilayah.

"Tingkatkan kepedulian terhadap setiap pelaksanaan kegiatan di jajaran Lantamal XII, agar kesalahan dan kecelakaan kerja dapat diminimalisir sehingga program zero accident dapat tercapai," Taufiq menegaskan.

Taufiq berharap dalam tugasnya mengamankan wilayah kerjanya, Lantamal XII dapat membangun sinergi dengan sesama komponen TNI, Polri dan instansi pemerintahan lainnya.

"Serta mengedepankan kearifan lokal dan adat istiadat setempat, demi kelancaran pelaksanaan tugas" pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com