Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Upacara Kenaikan Pangkat Polisi di Rote Digelar di Laut

Kompas.com - 02/01/2016, 22:43 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

ROTE NDAO, KOMPAS.com - Upacara kenaikan pangkat di lingkungan Kepolisian Resor Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), mungkin berbeda dengan tempat lainnya.

Betapa tidak, upacaranya digelar di pinggir pantai. Sebelum upacara berlangsung, 37 anggota polisi yang pangkatnya naik satu tingkat itu diceburkan ke dalam laut.

Mereka langsung dimasukkan ke dalam laut dan diperintahkan untuk berbaris di pinggir pantai. Begitupun dengan para istri yang tergabung dalam ibu-ibu bhayangkari yang mendampingi suaminya ikut juga masuk ke laut.

Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao, AKBP Murry Miranda kepada wartawan, Sabtu (2/1/2016) mengatakan, kenaikan pangkat yang dilaksanakan di Polres Rote Ndao sengaja dilakukan untuk memberi kesan kepada anggota polisi yang pangkatnya naik.

“Ini kita lakukan berbeda dengan tempat lainnya.Tujuan kita yakni untuk memberi kesan kepada setiap anggota Polres Rote Ndao, dimana dalam memperoleh satu pangkat lebih tinggi dari sebelumnya, harus dengan berbagai perjuangan,” ungkap Murry.

Selain itu, kata Murry, acara kenaikan pangkat di laut untuk memotivasi para anggotanya, agar selalu berjuang dengan karya nyata guna mencapai suatu hal yang maksimal.

“Anggota Polres Rote Ndao juga kita diingatkan untuk selalu menghindari hal-hal yang berbau korupsi kolusi dan nepotisme, dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi masyarakat dan abdi negara,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com