Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Kukar Diuji Puluhan Truk Bermuatan 600 Ton

Kompas.com - 30/11/2015, 15:28 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

TENGGARONG, KOMPAS.com - Pembangunan Jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang runtuh pada tahun 2011 silam kini sudah selesai.

Hari ini, Senin (30/11/2015), PT Hutama Karya selaku kontraktor bersama Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kutai Kartanegara (Kukar), sukses melakukan uji coba kekuatan jembatan.

Sebanyak 24 unit truk bermuatan puluhan ton dengan jumlah 600 ton dijejer di atas jembatan mulai pukul 10.00 Wita, hingga siang hari.

Kepala DBMSDA Kukar, Ahyani Fadhianur, mengatakan, sejak kemarin (29/11/2015) puluhan truk sudah disiapkan di lokasi.

“Persiapan sudah dilakukan sejak kemarin di jembatan. 24 dump truck itu milik salah satu perusahaan tambang di Kukar,” kata dia.

Uji coba dilakukan oleh tim ahli dari pusat yang berjumlah 5 orang. Uji coba juga disaksikan beberapa masyarakat dan menarik perhatian. Tidak hanya dijejer, puluhan truk itu juga digiring mondar-mandir di atas jembatan. Hasilnya, jembatan tetap kokoh berdiri dan membuat masyarakat Kukar gembira.

“Kalau belum ada tes uji kekuatan, kami mungkin belum berani melewati jembatan. Tapi dengan adanya uji kekuatan ini, saya beserta keluarga sedikit lega dan senang tentunya,” kata Bahruddin, salah satu warga Kukar yang menyaksikan uji kekuatan jembatan dari jauh.

Rencananya, jika tim ahli dan komite keselamatan jembatan mengeluarkan rekomendasi pernyataan jembatan sudah siap digunakan, maka 7 Desember 2015 mendatang, Pemerintah Kabupaten Kukar siap menggelar launching dan jembatan segera dibuka untuk umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com