Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Christine Hakim Duduk Jadi Dewan Komisioner Komnas Anak

Kompas.com - 26/11/2015, 07:00 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Artis peran kawakan Christine Hakim terpilih menjadi salah satu dari sembilan anggota Dewan Komisioner Komnas Anak periode 2015-2020. Pemilihan dilakukan dalam Forum Nasional Perlindungan Anak (Fornas PA) ke V yang diselenggarakan di Kampoeng Kid'z Kota Batu, Jawa Timur, 23-25 November 2015.

Alasan dipilihnya Christine Hakim menjadi salah satu anggota Dewan Komisioner Komnas PA lantaran kepedulian artis peran tersebut pada nasib anak di Indonesia. Salah satunya ditunjukkan melalui keterlibatannya dalam film "Daun di Atas Bantal".

"Sudah lama beliau sangat concern pada nasib anak-anak bangsa ini. Contohnya saat beliau membuat film 'Daun di Atas Bantal' bersama dengan Garin Nugroho," ungkap Sekretaris Jenderal Komnas Anak, Syamsul Ridwan di Ungaran, Rabu (26/11/2015).

Di laman Wikipedia, disebutkan bahwa Daun di Atas Bantal adalah sebuah film Indonesia tahun 1998 yang disutradarai Garin Nugroho. Film ini menceritakan tentang seorang ibu yang bernama Asih (Christine Hakim) beserta tiga orang anaknya Heru, Sugeng, dan Kancil yang tinggal di jalanan kota Yogyakarta, Indonesia.

Film berdurasi 83 menit tersebut diproduksi oleh Christine Hakim, dan dirillis pada tahun 1998. Daun di Atas Bantal mendapatkan sejumlah penghargaan di tingkat asia maupun internasional.

Antara lain sebagai Best Film pada Asia Pacific Film Festival 1998 sekaligus mengantarkan Christine Hakim sebagai Best Actress. Di Singapore International Film Festival 1999, film ini diunggulkan dalam kategori Silver Screen Award Best Asian Feature Film - Garin Nugroho dan Tokyo International Film Festival 1998, Special Jury Prize - Garin Nugroho. (Baca: Arist Merdeka Sirait Kembali Pimpin Komnas Anak )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com