Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Hari Guru, Ratusan Siswa Cium dan Basuh Kaki Para Guru

Kompas.com - 25/11/2015, 15:14 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Suasana haru begitu terasa di SMK 17 Kota Magelang, Jawa Tengah. Ratusan siswa memberikan kejutan kepada guru-guru mereka tepat pada peringatan Hari Guru Nasional ini, Rabu (25/11/2015) siang.

Setelah menggelar upacara bendera di halaman sekolah, mereka beramai-ramai memberikan bunga dan menciumi tangan para guru.

Tidak sedikit dari mereka yang meneteskan air mata penuh haru, apalagi diiringi lagu berjudul "Terima kasihku".

Tidak sampai di situ, satu per satu siswa kemudian membasuh kaki para guru dengan air dan bunga. Hal ini menjadi simbol penghormatan siswa terhadap sosok guru.

"Membasuh kaki guru merupakan wujud cinta kasih siswa kepada guru, yang telah memberikan bimbingan dan pendidikan dengan penuh cinta kasih pula," ujar Tri Setyo Nugroho, Wakil Kepala Sekolah SMK 17 Kota Magelang.

Seusai membasuh kaki para guru, mereka kompak menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" milik grup band Jamrud.

Suasana berubah menjadi canda tawa penuh keakraban. Siswa juga memberikan kue ulang tahun kepada para guru.

Vivi Vadila R, salah satu siswa, mengaku tidak kuat menahan air mata ketika mengingat perbuatannya yang kerap bandel terhadap guru.

"Saya sedih, karena suka bandel, suka membantah kalau ada guru yang memperingatkan saya agar tidak bikin gaduh di kelas. Hari ini saya ingin minta maaf," ucap siswi kelas XII itu.

Demikian halnya dengan Sulistyorini, salah seorang guru SMK 17 Kota Magelang, mengaku bahagia dan tidak menyangka akan mendapat kejutan dari siswa-siswanya.

"Kami bahagia, terharu, karena anak-anak begitu perhatian dengan kami. Kami pun begitu menyayangi mereka. Ini momen terbaik agar kami bisa lebih dekat dan ke depan mereka akan sukses menjemput cita-citanya," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com