Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cacingan, Anak di Polewali Dioperasi

Kompas.com - 22/11/2015, 10:36 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Belasan anak di Kelurahan Takatidung, Polewali Mandar, Sulawesi Barat didiagnosa dokter menderita cacingan.

Dua dari belasan anak tersebut harus menjalani operasi di rumah sakit umum daerah karena kondisinya yang semakin lemah akibat cacingan.

Ahmad Sahir (2), salah satu balita yang dioperasi karena cacingan tersebut tampak lemah dan tidak berselera makan. (Baca: Seperti Apa Ciri Anak yang Cacingan?)

Anak kedua dari pasangan Azikin (40) dan Muhida (30) ini pun sulit bernafas. Azikin mengaku sudah melakukan berbagai cara agar anaknya terbebas dari cacing.

“Sejak tahu anak saya menderta cacingan sudah berbagai jenis obat diberikan tetapi tak mampu mengeluarkan cacing dari perutnya. Karenanya kondisnya terus melemah akhirnya dilarkan ke rumah sakit,” ujar Azikin saat mendampingi anaknya di rumah sakit.

Dalam pekan ini, petugas kesehatan telah merujuk lima anak ke rumah sakit karena kondisinya memperihatinkan.

Kelima anak yang menderita cacingan akut ini tinggal pada satu kelurahan, yakni Kelurahan Takatidung. (Baca: Cacingan Bikin Kecerdasan Menurun)

Petugas pun menduga masih banyak anak yang menderita cacingan karena lingkungan tinggalnya yang tidak higienis.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas bagian ibu dan anak Dinas Kesehatan Polewali Mandar, Muhammad Syarif menyampaikan, hingga kini pihaknya masih melakukan pendataan anak di Kelurahan Takatidung yang diduga cacingan.

Menurut Muh syarif, cacingan menyerang anak-anak di kelurahan tersebut karena kurangnya kesadaran orang tua dan warga dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Para orang tua juga cenderung membiarkan anak mereka bermain di tempat kotor. (Baca: Waspadai Parasit Perut Buncit)

“Kebiasaan anak bermain di tempat kotor dan mengkonsumsi makan yang tidak bersih dan sehat menjadi salah satu pemicu anak-anak menderita cacingan,” ujar Syarif usai mengevakuasi anak-anak korban cacingan ke rumah sakit Polewali Mandar, Sabtu (21/11/2015).
 
Untuk mengantisipsi penularan penyakit cacingan kepada warga dan anak-anak ini, Dinas Kesehatan Polewali Mandar mengaku terus mengkampanyekan perlunya hidup bersih dan menjaga lingkungan agar anak-anak terhindar dari penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com