Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasuki Musim Hujan, Waspadai Longsor di Sukabumi

Kompas.com - 11/11/2015, 19:27 WIB
SUKABUMI, KOMPAS.comb - Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menunjukkan bahwa telah terjadi beberapa kasus tanah longsor di beberapa kawasan memasuki musim hujan.

"Pada Selasa (10/11/2015) longsor melanda dua lokasi berbeda yakni di Kecamatan Cibadak dan Nyalindung, tetapi tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Usman Susilo di Sukabumi, Rabu (11/11/2015).

Menurut dia, longsor tebing yang terjadi di beberapa daerah ini rata-rata menutup akses jalan provinsi, seperti di Kampung Cijangkar, Kecamatan Nyalindung. Namun, saat ini tanah yang menutupi jalan sudah dibersihkan oleh warga dan petugas sehingga bisa dilalui kembali.

Usman mengatakan, walau belum merata, curah hujan yang tinggi menyebabkan potensi longsor tinggi. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama warga yang tinggal di daerah tebing karena bencana bisa terjadi kapan saja.

"Walaupun tingkat kebencanaan dan potensinya sudah tinggi, kami belum menetapkan status siaga bencana longsor dan banjir karena masih menunggu pertimbangan dari BMKG. Dan kami pun akan melakukan pembahasan dengan Pemprov Jabar terkait penanggulangan bencana," tambahnya.

Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan puluhan relawannya untuk melakukan penanggulangan bencana.

Bahkan info sekecil apapun langsung ditanggapinya dengan mendatangi lokasi bencana dengan tujuan untuk meminimalkan dampak dari bencana itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com