Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemarau dan Bencana Asap, Shalat Minta Hujan Digelar di Markas Brimob

Kompas.com - 28/10/2015, 12:31 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Kalangan masyarakat dan personel Brimob di Kediri, Jawa Timur, menunaikan shalat istisqa atau permohonan hujan kepada Tuhan, di Markas Komando Jalan Veteran Kota Kediri, Rabu (28/10/2015).

Ibadah itu mereka lakukan sebagai respons atas terjadinya kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan saat ini. Juga atas adanya bencana asap yang melanda Tanah Air.

Abdul Karim, Imam sekaligus khatib shalat istisqo mengawali ibadah dengan mengajak para jemaah meminta maaf kepada Allah SWT. Memohon maaf atas segala khilaf yang pernah diperbuat.

Wakil Komandan Kompi 1 Detasemen C Brimob Kediri Iptu.Sukadi mengatakan, hujan yang diharap adalah hujan yang membawa berkah, bukan musibah. Aliran air yang menghidupi kebutuhan bagi makhluk alam.

"Agar semua musibah akibat kemarau yang terjadi saat ini cepat teratasi. Di wilayah Kediri sendiri selain lahan pertanian yang kering, juga terjadi kebakaran hutan," ujar Iptu. Sukadi.

Para jemaah itu berasal dari kalangan pelajar, masyarakat umum, serta personel Brimob. Namun meski berlangsung di mako Brimob, tidak semua personelnya turut berpartisipasi karena mereka tengah bertugas di Sampang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com