Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Lereng Kelud Anggap Jokowi Gagal, Kenapa?

Kompas.com - 20/10/2015, 13:53 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Warga dari Lereng Gunung Kelud di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berunjukrasa di Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri, Selasa (20/10/2015).

Mereka melontarkan kritik atas setahun berjalannya pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Mereka menilai, selama setahun, pemerintah telah gagal memenuhi kebutuhan dasar bagi rakyatnya.

Mereka menyebut program unggulan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah, baik di bidang pendidikan, kesehatan, maupun kesejahteraan rakyat, tidak cukup untuk mengangkat derajat rakyat.

Sebab, hingga saat ini masih banyak rakyat yang hidup sengsara.

"Saat ini satu tahun rezim Jokowi. Sudah sejahterakah rakyatnya?. Belum!. Rezim Jokowi gagal!" ujar Koordinator Aksi Daniel Arisandi dalam orasinya.

Daniel mengambil contoh, rakyat di beberapa desa yang ada di Kecamatan Ngancar --satu kecamatan di kaki Gunung Kelud, yang saat ini sedang dirundung konflik agraria.Warga meminta tanah yang diklaim sebagai tanah mereka, dikembalikan.

Tanah tersebut saat ini dikelola oleh pihak perkebunan. Mereka menuntut Bupati segera mengeluarkan kebijakan redistribusi atas tanah tersebut.

"Kalau begini, boleh tidak kita sebut pemerintah Jokowi gagal?" tanya Daniel yang langsung dijawab serentak,"Gagal!" oleh massa.

Selain itu, massa juga menilai elite politik masa kini cenderung mengesampingkan rakyat kecil dan lebih pro kepada pemodal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com