Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa PTN di Yogyakarta Jadi Otak Begal di Magelang

Kompas.com - 29/09/2015, 21:08 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Aparat Polres Magelang Kota menangkap Gilang Aditya Rambe (22) seorang mahasiswa sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) di Yogyakarta karena diduga menjadi otak sejumlah aksi pembegalan di Kota Magelang beberapa waktu belakangan.

Menurut Kapolres Magelang Kota, AKBP Edi Purwanto, Gilang sempat buron selama sebulan sebelum akhirnya ditangkap saat sedang santai di sebuah kafe di Jalan Selokan Mataram Yogyakarta. Penangkapan Gilang merupakan hasil pengembangan dari keterangan pelaku lainnya, yang juga rekan Gilang, Bintang Surya (21), warga Kelurahan Wates, Kota Magelang.

"Salah satu korban (Gilang) adalah Aulia Ramadhani, pelajar di Kota Magelang. (Kejadiannya) pada 5 Agustus 2015," ujar Edi, Selasa (29/9/2015).

Pembegalan terhadap Aulia dilakukan kedua tersangka pelaku di di Jalan Sidotopo, Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, sekitar pukul 21.00 WIB. Saat itu, Aulia tengah berkendara bersama rekannya, Bagus Muhammad Wahyudi (18). Saat itu, korban berhenti sejenak di sudut jalan untuk membaca SMS. Tiba-tiba datang kedua pelaku yang beralasan ingin meminjam korek api.

"Tapi, pelaku justru menodongkan senjata tajam ke arah korban dan merampas ponsel serta milik korban. Tidak hanya merampas, pelaku juga sempat melukai tangan dan telinga korban yang sempat melawan,” Edi menambahkan.

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa sepeda motor jenis automatic yang diduga digunakan pelaku untuk melakukan aksi kriminal itu. Kepada petugas, Gilang mengaku sudah beberapa kali membegal dan baru kali ini tertangkap. Sementara Bintang mengaku belum pernah melakukan kejahatan sebelumnya.

"Mereka dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara,” pungkas Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com