Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Mahasiswa Bertemu Alutsista Milik TNI

Kompas.com - 18/09/2015, 19:43 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR,KOMPAS.com - Selama dua hari terakhir, mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Polewali Mandar, Sulawesi Barat, bisa melihat langsung alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang populer milik TNI.

Pengalaman baru itu didapatkan para mahasiswa dan Rektor Unasman, Chuduriyah Sahabuddin, dalam pameran alutsista TNI yang digelar Kodim 1402 bekerja sama dengan Unasman dalam rangka HUT TNI 5 Oktober mendatang di kampus Unasman, Jumat (18/9/2015).

Aneka senjata yang dipamerkan antara lain senapan mesin berat, SS2 atau senapan serbu 2, Senapan Serbu 1, pistol FN caliber 81, granat hingga senjata pemusnah massal lainnya.

Setelah pasukan Kompi Senapan B yonif 721 Polewali Mandar memeragakan cara merakit dan teknik menggunakan senjata canggih milik TNI ini secara aman dan tepat sasaran, para mahasiswa dan dosen juga diperkenankan memanggul senjata berat layaknya pasukan tempur di medan perang.

Ami, mahasiswa Unasman, mengaku bangga bisa berkenalan dengan berbagai senjata canggih milik TNI secara langsung.

“Senang dan bangga bisa melihat langsung bahkan bisa memeragakan bagaimana teknik menggunakan senjata dengan baik dan benar,” ujar Ami.

Dandim 1402 Polmas Letkol I Made Bagus Suraputra mengatakan, pameran alutsista ini adalah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT TNI pada 5 Oktober mendatang.

“Kami berharap kegiatan pameran alutsista ini bisa memantapkan kembali semangat kemanunggalan TNI dan rakyat. Masyarakat bisa bangga dengan tentaranya sendiri,” ujar Bagus setelah meninjau pameran.

Sementara itu, Chuduriyah Sahabuddin mengatakan kerja sama TNI dan kampus Unasman dalam menggelar pameran ini bisa memberi nilai tambah dan pengalaman baru kepada mahasiswa karena bisa berinteraksi secara langsung dengan aneka senjata canggih milik TNI.

“Kami tentu bangga mahasiswa tak hanya sibuk menjadi kutu buku di kampus tapi juga bisa menambah pengalaman baru dengan berkenalan dengan aneka senjata mutakhir sebagai alat kekuatan pertahanan nasional kita,” ujar Chuduriyah.

Dia berharap pula, mahasiswa bisa melakukan kunjungan langsung ke markas persenjataan milik TNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com