Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Kepala Staf AD Se-Asia dan Pasifik Bertemu di Bali

Kompas.com - 14/09/2015, 16:39 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Para kepala staf dan perwira senior Angkatan Darat se-Asia Pasifik menggelar pertemuan di Nusa Dua, Bali untuk membahas upaya perdamaian dan keamanan kawasan Asia Pasifik.

Pertemuan para panglima angkatan darat ini akan berlangsung pada 14-17 September 2015. Tema yang diangkat adalah "Kontribusi Militer dalam Rangka Mendukung Kerjasama Multilateral".

"Pertemuan ini semata-mata kita ingin membangun kerja sama multilateral untuk mewujudkan stabilitas keamanan kawasan. Sesuai tema, bagaimana kontribusi militer terhadap kerja sama multilateral," kata Kepala Staf Angkatan Darat RI, Jenderal Mulyono, Senin (14/9/2015).

Terdapat dua agenda dalam pertemuan kali ini yaitu Pacific Armies Chiefs Conference (PACC) IX dan Pacific Armies Management Seminar (PAMS) XXXIX. Sementara itu, Kepala Staf AD Amerika Serikat Jenderal Mark Milley menyampaikan dalam pertemuan ini masing-masing kepala staf angkatan darat se-Asia Pasifik mendapat kesempatan untuk berinteraksi dan mengembangkan hubungan internasional.

"Suatu kesempatan yang penting untuk masing-masing Kepala Staf Angkatan Darat untuk berinteraksi dan mengembangkan hubungan internasional di antara mereka. Dan berdiskusi dan bertukar pendapat untuk meningkatkan keamanan di kawasan Asia Pasifik," kata Jenderal Mark Milley.

PACC dilaksanakan dua tahun sekali sejak 1997 sebagai sarana bertukar pandangan, meningkatkan hubungan kerja sama militer dan kerja sama dalam bidang keamanan. Sementara PAMS adalah forum para pejabat angkatan darat se-Asia Pasifik dari pangkat letnan kolonel hingga letnan jenderal bertemu, berdiskusi dalam meningkatkan pemahaman tentang isu-isu militer dan untuk mengembangkan hubungan kerjasama militer secara profesional di kawasan Asia Pasifik.

Saat ini, terdapat 36 negara di kawasan Asia Pasifik yang telah bergabung menjadi anggota PACC dan PAMS. Ajang yang digelear di Indonesia kali ini dihadiri 26 kepala staf angkatan darat se-Asia Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com