Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Aceh Utara, Aktivitas di Tiga Sekolah Lumpuh

Kompas.com - 13/09/2015, 07:55 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Aceh Utara menyatakan proses belajar mengajar di tiga sekolah terpaksa dihentikan sebagai akibat dari banjir yang melanda Kecamatan Samudera, sejak Sabtu (12/9/2015) kemarin.

Ketiga sekolah itu yakni MTsN 1 Samudera, SDN 1 Samudera dan MIN Samudera yang semuanya berada berdekatan di Desa Mancang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dispora Aceh Utara, Mawardi menyebutkan, kedalaman air di ruang kelas pada MIN dan SDN 1 Samudera mencapai 30 sentimeter, dan di MTsN 1 Samudera 60 sentimeter. Sementara di halaman ketiga sekolah itu kedalaman air mencapai satu meter.

“Saya sudah cek ketiga sekolah itu. Ketinggian air tidak memungkinkan untuk membuka ruang kelas memulai proses pembelajaran. Untuk itu, kita instruksikan agar belajar distop sampai banjir surut kembali,” ujar Mawardi.

Selain itu, sambung dia, banjir juga merendam puluhan buku koleksi perpustakaan di tiga sekolah tersebut. “Fasilitas lain berupa komputer, meja dan lainnya juga rusak akibat banjir kali ini,” kata dia lagi.

Mawardi menambahkan, dia telah meminta kepala sekolah untuk mendata kerusakan dan melaporkan kerusakan itu ke dinas secepat mungkin. Sehingga, dinas bisa membantu memperbaiki kerusakan tersebut dan proses belajar mengajar bisa normal setelah banjir surut.

Sementara itu, Kepala Humas Pemerintah Aceh Utara, Amir Hamzah mengaku mulai menyalurkan bantuan masa panik untuk pengungsi korban banjir di Kecamatan Samudera. “Bantuan masa panik itu berupa makanan, mie instan, beras dan lain sebagainya. Ini tanggap darurat dulu,” kata dia.
 

Seperti diberitakan sebelumnya banjir melanda tiga kecamatan yaitu Kecamatan Samudera, Kuta Makmur dan Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara. Untuk dua kecamatan terakhir hingga berita ini dikirimkan belum ada pengungsian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com