Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Yuddy Sanjung Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil

Kompas.com - 11/09/2015, 17:57 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menilai, perkembangan penataan birokrasi di Kota Bandung cukup pesat di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil.

Menurut dia, dalam dua tahun terakhir, banyak terjadi perubahan positif pada tatanan kinerja aparatur negara di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

"Dalam waktu yang relatif singkat, Ridwan Kamil bekerja dengan upaya yang sungguh, komitmen yang tinggi, dan kesadaran untuk memperbaiki tata kelola pemerintah dan birokrasi serta mengimplementasikan ide baru dan mampu mampu memberikan kepuasan publik," kata Yuddy saat memberikan pemaparan tentang Membangun Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Bandung menuju SAKIP Juara di Balai Kota Bandung, Jumat (11/9/2015).

Oleh karena itu, Menpan selaku tim reformasi birokrasi nasional akan memberikan nilai A kepada Kota Bandung dalam hal sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Menurut Yuddy, penilaian tersebut bukan tanpa alasan. Ada beberapa faktor yang membuat Yuddy terkesan dengan perubahan Kota Bandung.

"Banyak perubahan dari progres program pembangunan yang secara fisik kelihatan, misalnya kerumitan lalu lintas, tata kota pertamanan fasilitas sosial dan umum, jauh lebih baik. Paling gamblang kelihatan bagaimana menata alun-alun hingga kita mendapat apresiasi dari nasional dan internasional saat mampu melaksanakan Konferensi Asia Afrika," tuturnya.

Dia melanjutkan, perubahan tersebut tak terlepas dari peran Ridwan Kamil dalam memimpin daerah. Gaya kepemimpinan Ridwan Kamil yang gemar blusukan serta melahirkan inovasi baru dianggap jadi modal kuat Kota Bandung mendapat nilai terbaik.

Dia juga mengapresiasi kinerja jajaran aparatur sipil negara di Kota Bandung yang mampu bersinergi dengan gaya kepemimpinan Ridwan Kamil.

"Hal lain yang meyakinkan bahwa semua ini faktor utama adalah pemimpinnya. Ridwan Kamil faktor penggerak utama yang menjadi kunci keberhasilan kunci reformasi birokrasi di Bandung. Saya yakin Bandung bisa jadi role model baru bagi kota lain di Indonesia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com