Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera CCTV Kapasitas 36 GB Ditanam di Mobil Patroli Polisi

Kompas.com - 03/09/2015, 12:43 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Seluruh mobil patroli di jajaran Polres Pulau Ambon, Maluku mulai dilengkapi dengan kamera CCTV. Dengan begitu setiap bentuk pelanggaran lalu lintas maupun aksi kejahatan di jalanan dapat dengan mudah terekam.

Kepala Satuan Lantas Polres Pulau Ambon, Iptu Ris Andri Yudo, Kamis (3/9/2015) mengatakan, penggunaan kamera CCTV di mobil patroli ini untuk membantu aparat kepolisian khususnya satuan lantas dalam mengungkap berbagai pelanggaran lalu lalu lintas maupun tidak kejahatan lainnya di jalan raya.

“Di Maluku penggunaan kamera CCTV di mobil patrol ini baru di Kota Ambon,” kata dia.

Menurut dia, meski baru bersifat uji coba, namun saat ini seluruh mobil patroli polisi khususnya mobil patrol lalu lintas di Ambon telah dilengkapi kamera CCTV. Pemasangan kamera CCTV ini akan sangat membantu kerja polisi di lapangan.

“Saat ini sudah mulai beroperasi. Jadi semua kejadian di jalan itu bisa terpantau saat patroli berlangsung. Ini juga untuk membantu kami mengungkap aksi pelanggaran lalu lintas dan tindak kejahatan lain,” ungkap Andri.

Andri menjelaskan, kamera CCTV yang dipasang di setiap mobil patrol itu mempunyai kapasitas 36 GB. Dengan kapasitas sebesar itu, alat tersebut mampu merekam setiap kejadian selama seharian penuh.

“Kamera CCTV ini adalah pengadaan khusus yang sifatnya pinjam pakai. Ini bagus sekali jadi misalnya kalau ada sesuatu di jalan ini akan menjadi bukti dan petunjuk buat kami. Selain itu kita juga bisa memantau kinerja petugas di lapangan,” kata dia.

“Contohnya baru kita operasikan saja, sudah banyak pelanggaran lalu lintas dan kejahatan lainnya terekam. Datanya kita simpan semua di komputer,” ujar Andri lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com