Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditangkap, Pengedar Sabu Bersenjata Mengaku Pistolnya Milik Almarhum Ayah

Kompas.com - 02/09/2015, 19:37 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Direktorat Reserse Narkotika Polda Kalbar membekuk seorang pengedar narkoba jenis sabu di daerah Purun, Kabupaten Mempawah, Sabtu (30/8/2015). Dari tangan tersangka, polisi mengamankan paket narkoba dan satu unit senjata api rakitan.  

Wakil Direktur Dit Res Narkotika Polda Kalbar, AKBP Sigit Dedi Purwadi mengungkapkan, tersangka AT alias Abas diringkus di sebuah kafe. Dari tangan Abas, polisi mengamankan barang bukti sebanyak 7 paket sabu dan sebuah pistol rakitan berikut amunisinya.

"Selain sabu, polisi juga mengamankan alat isap sabu, sejumlah sedotan, uang tunai Rp 600.000, satu unit sepeda motor dan satu unit handphone," ungkap Sigit, Rabu (2/9/2015).

Terkait kepemilikan senjata api, Abas mengaku bahwa pistol tersebut merupakan peninggalan almarhum ayahnya. Senjata tersebut selama ini disimpan oleh ibunya dan baru sempat diambil oleh Abas beberapa waktu yang lalu.

"Dari pengakuan tersangka, senjata api rakitan jenis revolver itu digunakan hanya untuk menjaga diri, bukan untuk melakukan tindak kriminal. Tapi ini masih kita dalami lagi," kata Sigit.

Atas perbuatannya, Abas dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Api dan Bahan Peledak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com