Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Aman, Polisi Gelar Turnamen Sepak Bola

Kompas.com - 27/08/2015, 04:12 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Kabupaten Semarang yang terdiri dari 19 kecamatan, 208 desa dan 27 kelurahan akan melaksanakan Pilkada Serentak pada 9 Desember mendatang. Ada dua pasangan calon yang akan memperebutkan sekitar 754.266 suara warga untuk menjadi orang nomor satu di Bumi Serasi.

Untuk mendukung situasi kondusif menjelang Pilkada, Kepolisian Resor Semarang, mulai Rabu (26/8/2015) sore, resmi menggelar turnamen sepak bola. Rencananya, turnamen ini akan digelar bergiliran di 19 kecamatan tiap sepekan sekali. Turnamen ini mempertandingkan kesebelasan polisi dengan kesebalasan yang berasal dari warga.

Menurut Kapolres Semarang, AKBP Latif Usman, melalui sepak bola persahabatan ini, pihaknya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan menjelang Pilkada. "Melalui turnamen ini kita akan sebarkan informasi berisi Pilkada 2015 dan mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas sehingga Pilkada aman," kata Kapolres, saat ditemui di Lapangan Desa Wonorejo, Pringapus, Rabu (26/8/2015).

Selain penyebaran informasi dan sosialisasi tentang Pilkada, kata Kapolres, pihaknya juga dapat memperoleh informasi tentang potensi gangguan kamtibmas di masing-masing wilayah, melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Bimas). Sehingga diharapkan bisa diambil langkah antisipasi sejak dini.

Selain menggelar turnamen sepakbola, Kapolres juga menggelar turnamen bola voli putra setiap Kamis. Dua turnamen persahabatan itu, akan digelar hingga mendekati agenda pelaksanaan pemungutan suara pada Desember mendatang.

"Kalau masyarakat sudah memahami peran Polri, saya yakin mereka akan membantu menciptakan keamanan. Begitu ada informasi, kemudian kita cari solusinya bagaimana," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di Lapangan Desa Wonorejo, terlihat tim dari Polres Semarang memakai kostum warna hijau muda bertuliskan "PILKADA AMAN". Sedangkan kesebelasan dari Desa Wonorejo memakai kostum biru bertuliskan PILKADA DAMAI. Pertandingan berjalan sangat seru namun penuh sportivitas, dengan skor akhir 1-0 untuk tim Pilkada Aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com