Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telanjur Lapor Motor Hilang, Ternyata Lupa Tempat Parkir

Kompas.com - 25/08/2015, 09:53 WIB
KULON PROGO, KOMPAS.com — Pelaporan oleh Sri Wahyuningsih, buruh pabrik asal Girimulyo, soal kehilangan sepeda motor Yamaha Vega AB 5864 KL di depan Balai Kelurahan Wates, Minggu (23/8/2015) sore, akhirnya berujung tawa. Tawa pecah tak hanya dari pelapor, tetapi juga anggota Polsek Wates yang menerima laporan.

Kepala Unit Reskrim Polsek Wates AKP Munarso, Senin (24/8/2015), mengatakan, Sri yang saat itu cemas dan panik ternyata lupa tempat parkir sepeda motornya.

Munarso mengakui, laporan Sri sempat membuat jajaran Polsek Wates bergegas menyebar dan memburu pelaku ke beberapa titik di Kota Wates. Beberapa jam melakukan pencarian, petugas tak mendapat hasil.

"Setelah Minggu sore buat BAP (berita acara pemeriksaan), pukul 21.00, pelapor datang lagi ke Mapolsek (Wates), dan bilang kalau motornya ketemu. Ternyata motor tidak dicuri, tetapi dia hanya lupa tempat parkir sampai-sampai panik mengira motornya dicuri orang," kata Munarso sambil tersenyum.

Pada Minggu sore itu, Sri merasa yakin bahwa sepeda motornya raib dicuri orang. Petugas di lokasi sudah merasa janggal karena lokasi parkir yang ditunjuknya jauh dari toko tempat ia berbelanja.

Polisi sempat mengajak pelapor berkeliling kompleks pasar sambil mengingat-ingat lokasi parkir. Bersikukuh sepeda motornya raib, pelapor lalu membuat BAP di Mapolsek Wates pada sore itu.

Menurut Munarso, sepulang dari Mapolsek Wates dalam perjalanan ke tempat indekos di dekat pabrik wig, sekitar pukul 20.00, sang adik yang mengantarnya melihat sepeda motor itu terparkir dalam jarak 50 meter dari sisi barat lokasi yang sebelumnya ditunjuk pelapor sebagai tempat kejadian pencurian kendaraan bermotor (TKP curanmor).

Setelah memastikan, pelapor mengakui bahwa itu sepeda motornya, dan memang benar dia lupa posisi lokasi parkir. "Jadi, bukan pencurian. Pelapor lupa lokasi parkir," kata Munarso.

Munarso menyatakan, setelah pelapor mengaku bahwa dirinya hanya lupa lokasi parkir, penyidik mengeluarkan surat penghentian penyelidikan. "Kami tidak bisa menyalahkan pelapor. Tampaknya dia memang kebingungan karena belum fasih berkendara juga. Akhir-akhir ini, sudah ada dua laporan yang terbilang lucu seperti ini," kata Munarso lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com