Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Virus MERS, Jemaah Haji Wajib Pakai Masker

Kompas.com - 24/08/2015, 15:43 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi penularan virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV), jemaah haji Indonesia diwajibkan mengenakan masker selama menjalankan ibadah haji.

"Jemaah diwajibkan menggunakan masker untuk mencegah penularan virus MERS, terutama setiap kali pergi ke lokasi yang banyak orang, itu wajib memakai masker," kata dokter Ferry, penanggung jawab klinik kesehatan di Asrama Haji Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (24/8/2015).

Petugas kesehatan asrama haji telah membagikan satu kotak masker kepada setiap jemaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci. Setiap kotak berisi 50 lembar masker yang akan dikenakan jemaah selama menjalankan ibadah haji.

Menurut Ferry, jumlah ini dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan masker jemaah haji selama di Arab Saudi.

"Setiap jemaah memperoleh satu boks yang berisi 50 masker. Seluruh jemaah memeroleh itu. Cukup untuk persediaan selama 40 hari," kata Ferry.

Selain menggunakan masker, para jemaah diminta untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat selama menjalankan ibadah. Jemaah haji juga diminta untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang tengah melanda Arab Saudi, yaitu mencapai 42 derajat celcius.

Tahun ini, ada 3.600 jemaah haji asal NTB yang menunaikan ibadah haji. Sebanyak 50 persen di antaranya dalam kondisi yang sehat, sementara sisanya memiliki riwayat sakit dan berusia lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com