Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Berlakukan Sehari Tanpa Nasi Tiap Hari Senin

Kompas.com - 20/08/2015, 16:07 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Ridwan Kamil meluncurkan program kampanye sehari tanpa nasi atau 'one day no rice' di SMP Negeri 13 Bandung, Jalan Mutiara, Kota Bandung, Kamis (20/8/2015).

Pria yang kerap disapa Emil mengatakan, program ini diberlakukan tiap hari Senin. Emil mengimbau agar warga Kota Bandung mulai mengurangi konsumsi bahan pangan terbuat dari beras setiap hari senin.

"Dipilih hari Senin karena mengombinasikan dengan pendidikan karakter berbasis agamis, yaitu kegiatan yang menguatkan keibadahan puasa Senin Kamis," kata Emil.

Dia menjelaskan, kampanye 'one day no rice' merupakan upaya Pemkot Bandung untuk merubah kultur pangan masyarakat ditengah kondisi produksi beras yang mulai menipis.

"Poinnya merubah kultur, mengubah kultur itu susah, makanya kita mulai imbau ke anak-anak sekolah karena anak sekolah masih bisa dididik, mereka masih mencari nilai kehidupan. Kita tidak mungkin berpikir stabilitas bahan pangan ini akan selalu aman dalam jangka panjang," ungkapnya.

"Mengubah kultur itu eksperimen buat saya, tidak bisa dihitung setahun dua tahun makannya investasinya ke anak-anak bukan ke orang dewasa," jelasnya.

Dia meminta, masyarakat bisa mulai membiasakan mengonsumsi bahan pangan pengganti beras seperti jagung, ubi, dan singkong. Setelah mencicipi sejumlah makanan olahan pengganti beras, Emil mengaku rasa dari olahan singkong dan jagung tak jauh berbeda dengan nasi.

"Tadi saya coba pas dicampur dengan bumbu segala rupa mah, rasanya seperti nasi tapi ada sedikit tekstur kenyal. Kalau mentahnya mungkin kurang nyaman, kalau sudah dicampur dengan ayam segala rupa apalagi kalau makannya gratis nikmatnya dua kali lipat, kenyangnya sama saja," kata Emil.

Emil menambahkan, Pemkot Bandung berencana melakukan sosialisasi kampanye tersebut ke restoran dan rumah makan di Bandung.

"Tahun pertama, full kampanye mungkin tahun berikutnya kita giring ke restoran, supaya hari senin restoran yang ada di Bandung menyediakan menu yang terbuat dari bahan pengganti beras sehingga orang yang terbiasa mempunyai pilihan tanpa mengurangi kebiasaan makan," tutup Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com