Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bensin di Tempat Ini Rp 50.000 Per Liter

Kompas.com - 19/08/2015, 14:37 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Harga bensin di Kabupaten Maluku Barat Daya mungkin adalah yang termahal di Tanah Air. Bagaimana tidak? Di beberapa daerah di wilayah itu, bensin dijual dengan harga mencapai Rp 50.000 per liter.

Kondisi ini memang sulit untuk dibayangkan, sebab penjualan bensin dengan harga selangit itu sudah berlangsung sejak lama. Namun, pemerintah setempat tidak mampu berbuat apa-apa.

Terkait persoalan itu, Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae mengungkapkan, DPRD telah mendapatkan laporan resmi dari masyarakat terkait adanya kelangkaan bensin dan harga yang sangat tinggi tersebut.

"Kami sudah mendapatkan pengaduan, dan laporan secara resmi dari masyarakat soal kelangkaan dan harga bensin yang sangat tinggi itu," ujar dia.

Terkait masalah tersebut, Edwin mengaku bahwa DPRD sudah memanggil Bupati serta pihak Pertamina untuk dimintai keterangan. Namun, Bupati belum menghadiri undangan dari DPRD.

"Kami sudah panggil Bupati dan pihak Pertamina. Namun, Bupati tidak hadir, mungkin karena perjalanannya sangat jauh ke sini," kata dia.

Sementara itu, anggota DPRD Maluku dari daerah pemilihan Maluku Barat Daya (MBD), Melkias Frans, mengakui bahwa harga bensin di sejumlah daerah di kabupaten itu memang sangat tinggi, dan warga di sana tidak pernah membeli minyak dengan harga standar yang dijual pemerintah.

"Harga bensin di sana memang sangat tinggi, wajar jika masyarakat mengeluh setiap saat. Saya kira, ada permainan di sana," ujar dia.

Terkait masalah itu, Melkias mengaku bahwa DPRD akan kembali memanggil Bupati untuk dimintai penjelasan. "Kami sudah panggil Bupati, dan besok kami akan meminta penjelasan terkait masalah tersebut," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com