Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan Air Bersih dari Pramuka Diserbu Warga

Kompas.com - 14/08/2015, 18:42 WIB
Kontributor Brebes, Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Krisis air bersih yang sudah dialami sejak sebulan lalu, membuat puluhan warga Desa Sidamulya, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, menyerbu bantuan air yang disediakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Brebes, Jumat (14/8/2015) sore.

Begitu mengetahui mobil tangki air bersih datang, warga berbondong-bondong mendatangi dengan membawa jeriken dan ember. Warga pun saling berebut di posisi paling depan karena takut tidak kebagian.

Noto (55), salah seorang warga, mengaku senang dengan bantuan air bersih yang tepat pada waktunya. Pasalnya, saat ini, warga sudah pasrah lantaran sangat sulit mendapatkan air bersih meskipun membeli dengan harga Rp 4.000 per jeriken.

"Sumurnya sudah mengering sejak sebulan lalu, pakai pompa air pun tidak keluar dengan deras," kata Noto.

Noto menjelaskan selama ini warga membeli air bersih selain untuk mandi, juga keperluan minum dan memasak. Dalam sehari, rata-rata warga bisa membeli dua sampai tiga jerigen perharinya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Brebes Emastoni Ezam mengungkapkan bahwa droping air bersih ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang ke-54. Ada 15 tangki air disebar ke sejumlah wilayah pantura dan tengah untuk warga yang kesulitan air bersih.

"Ini salah satu pengabdian kepada masyarakat, jadi kita bisa merasakan Hari Pramuka dengan sesama," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com