Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surplus Produksi, Peternak Polewali Siap Pasok Sapi ke Pulau Jawa

Kompas.com - 12/08/2015, 19:43 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Untuk berpartisipasi mengatasi kelangkaan pasokan daging sapi di Pulau Jawa dan sekitarnya, peternak sapi lokal yang mengalami surplus produksi di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, siap memasok hingga 130 sapi per bulan.

Populasi sapi bali dan sapi lokal di Polewali Mandar yang tersebar di 16 kecamatan saat ini mencapai 33.072 ekor. Angka kelahiran sapi di Polewali Mandar sendiri mencapai 4.078 ekor per tahun.

Jika dikurangi angka kematian, penjualan ke sejumlah kabupaten di Pulau Kalimantan dan Sulsel, serta kebutuhan daging di sejumlah rumah potong hewan (RPH) yang mencapai 1.000 ekor per tahun, maka produksi sapi di Polewali Mandar masih surplus hingga 1.681 ekor. Jumlah ini cukup untuk memperkuat stok kebutuhan daging nasional, terutama di Pulau Jawa.

"Kami tentu siap bersama dengan peternak lain di Polewali Mandar jika diminta pemerintah, dan (jika) harganya lebih menguntungkan," ujar salah seorang peternak, Bacong, kepada Kompas.com ketika ditemui di peternakannya di Mangaramba, Polewali Mandar, Selasa (11/8/2015).

Hal senada diungkapkan Kaharuddin, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, dan Tanaman Pangan Polewali Mandar. Menurut Kaharuddin, pihaknya siap memasok sapi hingga ratusan ekor ke Pulau Jawa jika pemerintah pusat memintanya.

"Produksi sapi di Polewali Mandar surplus hingga 1.681 ekor per tahunnya setelah dikurangi kematian, eskpor, dan kebutuhan daging di sejumlah RPH. Saya optimistis, Polewali Mandar bisa ikut berkontribusi memasok daging hingga ratusan ekor per bulannya," ujar Kaharuddin, Selasa kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com