Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas PA Bantah Kelola Uang Sumbangan Engeline

Kompas.com - 11/08/2015, 23:39 WIB
Aldo Fenalosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mengutarakan bahwa mereka tidak pernah mengelola uang sumbangan masyarakat untuk mendiang Engeline. Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, membantah bahwa organisasi yang dipimpinnya itu pernah mencetuskan kegiatan pengumpulan uang untuk mendiang Engeline.

"Sejak awal, Komnas PA itu tidak pernah punya inisiasi (sumbangan) sejak ada kasus Engeline itu. Secara organisasi, kami tidak pernah punya niat untuk menggalang dana tersebut," kata Arist kepada Kompas.com, Selasa (11/8/2015).

Arist sendiri menyayangkan kala akhir-akhir ini ada kabar bahwa salah satu anggota Komnas PA bernama Naomi Werdisastro tak kunjung memberikan uang sumbangan kepada keluarga Engeline. Padahal, menurut Arist, Naomi bukanlah anggota resmi Komnas PA. Perempuan itu hanyalah bagian dari sukarelawan yang membantu Komnas PA menangani kasus Engeline selama di Bali.

"Memang ada seseorang bernama Naomi. Dia bekerja volunteer dalam Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak yang selama di Bali itu membantu Komnas Perlindungan Anak. Mungkin juga di kala itu dalam kegiatan atau transaksi apa pun dia mengatakan bahwa dia bagian dari Komnas PA," ujar Arist.

Arist juga mengungkapkan tak pernah tahu mengenai mekanisme penggalangan dana untuk Engeline. Sebab, selama ini Naomi tidak pernah secara langsung menjelaskan hal tersebut kepada Komnas PA. Komnas PA pun tidak pernah ikut campur karena hanya ingin fokus pada pengungkapan kasus Engeline.

"Naomi secara langsung memang tidak pernah mengutarakan kepada Komnas PA bahwa dia mengumpulkan uang (untuk keluarga Engeline), tetapi mungkin saja, saya tidak tahu persis bagaimana karena tidak pernah masuk ke dalam ranah itu, yang bukan urusan saya," sebut Arist.

Berdasarkan keterangan orangtua kandung Engeline, Naomi sempat memberi sejumlah uang kepada mereka pada tanggal 23 Juli 2015 yang lalu di Banyuwangi. Namun, Naomi kala itu tidak membawa keseluruhan uang sumbangan yang berjumlah sekitar Rp 30 juta. Saat itu, Naomi hanya memberikan uang Rp 300.000 dalam bentuk uang pecahan ribuan dan recehan. Sisanya hingga saat ini masih belum diketahui oleh keluarga Engeline.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com