Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wantimpres Bahas Keamanan Perbatasan di Wilayah Kalbar

Kompas.com - 10/08/2015, 22:24 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bidang Pertahanan dan Keamanan menggelar rapat tertutup di Provinsi Kalimatan Barat membahas masalah keamanan wilayah perbatasan, di Graha Khatulistiwa, Polda Kalbar, Senin (10/8/2015).  Dalam rapat itu, Wantipres mendengar penjelasan sejauh mana dukungan fungsi keamanan di perbatasan, baik dari Polda maupun Pemerintah Daerah. 

“Kita ketahui bersama bahwa perbatasan ini berkaitan dengan integritas negara kita. Untuk itu, wilayah perbatasan harus dibina keamanan dan kesejahteraannya. Badan pengelola menjadi tinjauan kita karena kita tahu sinergitasnya belum baik,” kata anggota Wantimpres Yusuf Kartanegara.

Dari penjelasan dalam rapat tertutup itu, kata dia, sudah banyak hal yang dilaksanakan oleh Polda Kalbar dan Pemerintah Daerah. Di perbatasan sudah ada badan pengelola perbatasan yang dikelola oleh Pemda. 

Menurut Yusuf, presiden dan wakil presiden mengehendaki wilayah perbatasan menjadi serambi depan Indonesia. Oleh karena itu, amat penting untuk melakukan percepatan pembangunan di kawasan itu.  

Wakil Kepala Polda Kalbar Kombes Pol Joko Irianto mengungkapkan rapat juga membahas mengenai kebutuhan personel untuk menjaga wilayah perbatasan. Disampaikan pula soal minimnya sarana dan prasarana serta regulasi yang tumpang tindih yang menyulitkan proses pembangunan di kawasana tersebut.

Untuk membangun jalan, misalnya, perlu koordinasi dengan Kementerian Kehutanan karena rencana jalan bersinggungan dengan kawasan hutan lindung. Perlu ada sinkronisasi di masing-masing kementerian terkait. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com