Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Provinsi Siapkan Skenario Jika Gunung Raung Erupsi

Kompas.com - 10/08/2015, 21:47 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyiapkan skenario perubahan tempat pemungutan suara (TPS) jika Gunung Raung erupsi saat pelaksanaan pemungutan suara dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di dua kabupaten yakni Jember dan Banyuwangi.  

“Di Jember ada tiga kecamatan yang terdampak jika Gunung Raung mengalami erupsi, yakni Sumberjambe, Kalisat, dan Silo. Penyelanggara sudah menyiapkan skenario perubahan TPS jika saat pencoblosan terjadi Gunung Raung mengalami erupsi,” kata Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro, usai rapat koordinasi di Jember, Jawa Timur, Senin (10/8/2015). 

KPU Jawa Timur, kata dia, sudah meminta KPU Jember dan Banyuwangi untuk melakukan supervisi langsung terhadap penyelanggara di tingkat bawah, terutama yang berada di dekat Gunung Raung.  Ia berharap masyarakat tetap dapat menggunakan hak pilihnya meski Gunung Raung erupsi. 

Erupsi Gunung Raung di Banyuwangi yang terjadi sejak 10 Juli 2015 berdampak luas tidak hanya di Kabupaten Banyuwangi dan Jember, tapi juga Bali. Aktivitas Gunung Raung mengganggu aktivitas bisnis penerbangan, pariwisata, dan pertanian. Semburan abu gunung itu membuat sejumlah bandara menghentikan aktivitas penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com