Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkutan "Pelat Hitam" Marak, Sopir Angkutan Umum Mogok

Kompas.com - 10/08/2015, 13:33 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Awak angkutan umum antar Kabupaten/Kota di Terminal Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, melakukan aksi mogok dan menutup seluruh loket penjualan tiket penumpang sejak Senin (10/08/2015) pagi.

“Hari ini, mobil angkutan L-300 mulai dari Pantai Barat Selatan Aceh hingga ke Banda Aceh lumpuh total, karena masalah travel ilegal sudah lama berlarut-larut tidak ada kejelasan dan aturan yang pasti dari Dinas terkait dan pihak berwajib,“ kata Razi, sopir angkutan di Terminal Meulaboh.

Menurut Razi, aksi ini terpaksa dilakukan para sopir sebagai bentuk protes terhadap makin maraknya layanan travel ilegal yang menggunakan mobil pelat hitam di wilayah Pantai Barat Selatan Aceh. 

“Aksi ini kita lakukan karena tidak ada aturan yang jelas dan sanksi tegas terhadap travel ilegal beroperasi di Aceh Barat,” kata dia.

Selain mogok dan menutup seluruh loket para sopir juga melakukan razia travel ilegal di jalan utama penghubung Banda Aceh-Pantai Barat Selatan, tepatnya di kawasan Suak Raya, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

“Kami lakukan razia terhadap travel ilegal yang membawa penumpang, jika ada yang lewat akan kita tangkap,” kata dia.

Pantauan Kompas.com, terminal angkutan umum jenis L-300 di pusat Kota Meulaboh itu sejak Senin pagi terlihat sepi. Menurut para pendemo, aksi ini akan dilakukan hingga ada kejelasan dan penertiban dari dinas terkait dan pihak berwajib. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com