Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nek Putroe, 12 Tahun Menetap di Gubuk Mirip Kandang Kambing

Kompas.com - 10/08/2015, 10:12 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com — Nek Putroe Aisyah (75), warga Desa Beuringen, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, selama 12 tahun terakhir menetap di gubuk yang mirip dengan kandang kambing. Pada dinding gubuk yang berukuran 3 x 4 meter itu, Nek Putroe Aisyah bisa menatap langit. Papan pada dinding rumah telah bolong dan atap rumah pun bocor.

"Jika hujan, saya harus pindah ke rumah adik saya, Ti Aminah," ujar Nek Putroe, Senin (10/8/2015). Wanita renta ini memiliki dua anak. Namun, sayangnya, anaknya juga tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki rumah orangtuanya.

Rumah adiknya juga berkonstruksi kayu. Jangankan untuk memperbaiki rumah yang rusak, untuk makan saja, Nek Putroe berharap belas kasihan warga. Terkadang dia menerima dana zakat dari masyarakat desa.

"Saya tidak ingin merepotkan anak. Mereka juga kesulitan menghidupi cucu-cucu saya," kata Nek Putroe.

Meski menetap di rumah tidak layak huni dan mirip kandang ternak, Nek Putroe tetap tabah. Dia menyebutkan ingin menikmati akhir usianya dengan nyaman. "Semoga pemerintah bisa memberikan bantuan rumah dhuafa untuk saya. Paling tidak, saya bisa hidup nyaman di akhir usia saya ini," ujar dia.

Kepala Desa Beuringen, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, Rasyadan, mengatakan telah berkali-kali mengusulkan bantuan rumah ke Pemerintah Aceh Utara. Namun, hingga kini, realisasinya masih nihil.

"Sekitar empat hari lalu, ada camat dan pegawai kantor bupati yang meninjau rumah Nek Putroe. Kami sudah berusaha maksimal. Semoga kunjungan camat kali ini bisa memberikan Nek Putroe rumah bantuan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com