Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aher Berharap Pengendara Hindari "Human Error" Saat Lintasi Tol Cipali

Kompas.com - 25/07/2015, 20:48 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku prihatin atas kecelakaan yang melibatkan Toyota Innova dengan nomor polisi B 1805 EKX dengan bus Setia Negara di Tol Cipali, Jumat (24/7/2015) malam. Kecelakaan di kilometer 166.600 jalur A itu terjadi sekitar pukul 23.15 WIB.

"Saya menyampaikan duka mendalam," kata pria yang akrab disapa Aher itu kepada wartawan di Bandung, Sabtu, (25/7/2015).

Aher mengatakan, faktor utama penyebab kecelakaan tersebut tak berbeda dari kecelakaan-kecelakaan lainnya di tol terpanjang di Indonesia itu, yaitu kelalaian manusia. Apalagi, kecelakaan itu terjadi malam.

"Itu karena human error, pengemudi Innova lepas kendali," kata dia.

Sehingga, Innova tersebut menabrak guardrail, berlanjut ke median jalan, kemudian terbang ke arah berlawanan. Sedangkan dari arah Jakarta melaju sebuah bus, yang kemudian menyebabkan keduanya beradu muka. 

Aher berharap, ke depannya jangan ada lagi kecelakaan di tol tersebut.

"Diimbau para pengendara agar hati-hati mengemudikan kendaraan. Kecelakaan yang terjadi di Cipali itu karena human error. Karena jalan yang bagus, lurus pengemudi merasa dimanjakan dan akhirnya ngantuk. Harusnya istirahat dulu, jangan meneruskan perjalanan," tutur Aher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com