Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Area Perkemahan Gunung Guntur di Garut Terbakar

Kompas.com - 20/07/2015, 01:20 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi, mengatakan bahwa Gunung Guntur mengalami kebakaran sejak Minggu (19/7/2015) petang tadi. Kebakaran tepatnya terjadi di area perkemahan Citiis. Diduga, kebakaran dipicu kekeringan yang melanda kawasan Garut dan sekitarnya.

"Awalnya hanya terlihat ada kepulan asap di atas gunung. Lama kelamaan terlihat ada kobaran api yang mulai menjalar di areal tersebut. Memang terjadi pelebaran areal kobaran api sampai malam ini," jelas Dadi, Minggu malam.

Sampai sekarang, kobaran api yang masih terlihat. Dadi mengatakan, pihaknya berupaya semaksimal untuk segera memadamkan api tersebut.

"Saat ini kami agak kesulitan mencapai lokasi karena harus ditempuh beberapa jam dengan berjalan kaki. Apalagi saat ini malam hari dan akan diputuskan dilanjutkan upaya pemadaman besok pagi," kata Dadi.

Meski demikian, Dadi berharap kepada masyarakat Garut untuk tak panik dengan adanya kejadian ini. Terlebih, lokasi kebakaran jauh dari kawasan pemukiman.

"Kami harap masyarakat tak panik. Kami sudah berkoordinasi dengan instansi lainnya dan akan cepat segera melakukan pemadaman supaya tak terus menjalar dan membesar,," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com