Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Hari Setelah Lebaran, 16.000 Orang Kunjungi Candi Prambanan

Kompas.com - 19/07/2015, 17:01 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hingga H+2 hari raya Idul Fitri, tak kurang dari 16.000 orang wisatawan mengunjungi Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Jumlah wisatawan ini diperkirakan masih akan bertambah sebab puncak kunjungan biasanya terjadi antara H+3 sampai H+4.

"Sampai dengan hari ini kunjungan wisatawan sudah mencapai sekitar 16.000 ribu orang," kata Priyo Santosa, Kepala Unit Candi Prambanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Minggu (19/07/ 2015).

Priyo menambahkan jumlah 16.000 wisatawan tersebut diperkirakan masih akan bertambah. Sebab, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya puncak kunjungan terjadi pada H+3 hingga H+4.

" Tahun ini kami targetkan meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai angka 100.000 pengunjung," tambah Priyo.

Dia menjelaskan, hingga H+2 pengunjung Candi Prambanan tak hanya datang dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) namun juga dari luar provinsi di Pulau Jawa. " Kebanyakan (menggunakan) mobil pribadi, tapi rombongan dengan (menggunakan) bus juga ada," lanjut dia.

Demi memberi kenyamanan dan keamanan wisatawan PT Taman Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko bekerja sama dengan kepolisian, TNI dan tim medis. Selain itu, pengelola taman wisata ini juga menyiapkan personel untuk menjamin kebersihan serta keamanan benda cagar budaya ini dari tangan-tangan jahil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com