Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Gamalama Meletus, Bandara Sultan Babullah Ditutup

Kompas.com - 16/07/2015, 12:16 WIB
Jessi Carina

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, meletus pada Kamis (16/7/2015) pukul 09.50 waktu setempat. Dampaknya, Bandara Sultan Babullah ditutup.

"Jadi, penutupan Bandara Sultan Babullah dilakukan karena antara Gunung Gamalama dan bandara tidak terlalu jauh," ujar Barata, Kepala Humas Kementerian Perhubungan, di Bandara Kualanamu, melalui telekonferensi dengan Posko Angkutan Lebaran Kemenhub di Jakarta, Kamis.

Barata mengatakan, letusan Gunung Gamalama telah menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.700 meter. Letusan tersebut berpotensi mengganggu penerbangan di Bandara Sultan Babullah. Oleh karena itu, demi keselamatan penumpang, bandara ditutup dan penerbangan dibatalkan.

Mengenai hal ini, Barata belum memastikan sampai kapan bandara akan ditutup. Dalam jangka waktu satu hingga dua jam, pihak bandara akan memeriksa kondisi abu vulkanik di sekitar bandara. (Baca: Gunung Gamalama Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1.500 Meter)

Jumlah penerbangan yang dibatalkan pun belum dapat dipastikan. Barata sendiri sedang menunggu informasi terbaru mengenai penutupan bandara ini.

"Jadi memang ada penutupan, tetapi itu semua karena alasan keselamatan penumpang," ujar Barata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com