Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Pernah Mogok Saat Mudik, Ridwan Kamil Imbau Warga Cek Kendaraan

Kompas.com - 15/07/2015, 18:11 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengimbau para pemudik, khususnya warga Bandung, untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum berangkat mudik ke kampung halaman.

"Untuk yang bawa mobil, bawa motor cek dulu kondisi kendaraannya, cek kampas rem, lampu-lampu, kemudian yang sifatnya berhubungan dengan karburator. Kerasa sama saya, saya juga pernah ngalami riweuh juga (mogok)," kata pria yang kerap disapa Emil ini di Bandung, Rabu (15/7/2015).

Imbauan ini disampaikan oleh Emil setelah dia menuturkan kisahnya mudik saat remaja. Meski mudik bersama keluarga ke Kabupaten Sumedang, Emil remaja memilih mudik sendiri dengan menggunakan sepeda motor.

Dia lalu menuturkan, banyak cerita menarik ketika dulu mudik ke Sumedang menggunakan motor. Emil mengaku sempat repot karena membawa banyak barang bawaan di motornya. Cerita lainnya, lanjut Emil, motor yang ditumpanginya kerap mogok saat dalam perjalanannya menuju Kabupaten Sumedang.

"Dulu saya naik motor kalau mudik ke Sumedang. Jadi, saya ini pernah mengalami yang namanya riweuh (repot) mogok motor juga kalau mudik dulu," kata dia.

Oleh karena itu, dia mengingatkan para pemudik untuk mengecek kondisi kendaraanya sebelum mudik. Selain itu, Emil mengimbau para pemudik untuk berhati-hati, mengutamakan keselamatan daripada kecepatan.

"Hati-hati juga bawa barang bawaan saat naik motor. Hati-hati di jalan, utamakan keselamatan. Ini kan mudik, mau kumpul-kumpul keluarga, jangan sampai mau berbahagia, malah jadi bersedih karena kecelakaan," imbuhnya.

Sebelumnya, Emil mengatakan, dirinya tidak mudik ke Kabupaten Sumedang pada Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Dia memilih untuk berlebaran di Bandung.

"Saya enggak mudik, mau Lebaran di Bandung aja. Dulu, suka mudik ke Sumedang, tapi nenek (di Sumedang) sudah meninggal, jadi lebaran di Bandung aja sama ibu di Cigadung (Bandung)," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com