Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Warga Perumahan Ramai-ramai Membuat Portal Jalan

Kompas.com - 15/07/2015, 03:30 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Sejumlah upaya dilakukan oleh warga untuk mengamankan wilayahnya dari aksi kriminal selama libur Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga Perumahan Ungaran Baru, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Selasa (14/7/2015) malam. Mereka membuat portal di pintu masuk jalan.

"Portal yang lama rusak, malam ini kita perbaiki bikin baru. Karena bisanya malam, ya dikerjakan malam. Kita tutup lingkungan dari orang asing," kata Ketua RT 5/XII Perum Ungaran Baru, Yuliarso.

Perumahan Ungaran Baru ini tergolong perumahan kelas menengah yang tidak dilengkapi dengan pos keamanan berikut tenaga keamanannya. Sehingga, setiap RT biasanya akan memasang portal di tiap pintu masuk jalan lingkungannya masing-masing. Portal ini ada yang dibuat ala kadarnya dari bambu, ada juga yang dibuat permanen.

Selama musim Lebaran, portal akan diberlakukan pada malam dan juga siang hari, menyusul sebagian besar warga akan mudik ke kampung halaman. Sepekan sebelumnya, warga sudah berembuk untuk menyusun sistem pengamanan khusus, termasuk jadwal ronda.

"Seksi keamanan RT tanpa didukung tambahan personel cukup berat mengamankan lingkungan. Harus ada satu-dua warga yang tidak mudik untuk menemani," ucap Yuliarso.

Selain menjadwal hari mudik hingga balik, imbuhnya, pihak RT juga memberikan tips-tips mudik aman, mulai dari meninggalkan rumah sampai kondisi di jalan. Ada semacam kesepakatan tidak tertulis di antara warga, yakni saling menitip rumah saat bergantian merayakan Lebaran.

"Kita sudah data, si A mudik kapan, pulang kapan. Si B kapan, pulang kapan. Sehingga lingkungan tidak boleh dibiarkan kosong," tutur Yuliarso.

Secara terpisah, Kapolres Semarang AKBP Latif Usman mengatakan, pihaknya mengimbau agar warga menggalakkan sistem keamanan lingkungan selama Lebaran. Jajaran kepolisian juga akan patroli ke perumahan-perumahan yang ditinggalkan warganya kembali ke kampung halaman.

"Kami imbau supaya siskamling dilakukan lagi, di samping anggota nanti juga akan patroli," kata Kapolres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com