Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Bandungan Punya "Pecalang" untuk Amankan Kawasan Wisata

Kompas.com - 12/07/2015, 20:45 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Jika di Bali ada Pecalang, maka di Bandungan Kabupaten Semarang ada Pam Brawijaya, sebuah pasukan pengamanan swakarsa yang bertugas mengamankan wilayah Bandungan yang merupakan kawasan wisata.

Pam Brawijaya merupakan akronim dari Pasukan Pengamanan Masyarakat (PAM) Swakarsa Bandungan Tentram Wisata Jaya. Bupati Semarang, Mundjirin, secara resmi mengukuhkan Pam Swakarsa tersebut.

"Kalau lingkungan aman, tentunya wisatawan akan datang ke Kawasan Wisata Bandungan. Sebaliknya, jika tidak aman serta kumuh tentu tingkat kunjungannya rendah," kata Mundjirin, dalam Gelar Apel Pasukan Pam Swakarsa dihalaman Paradise Karaoke, Bandungan, Minggu (12/7/2015) sore.

Bupati meminta Pam Swakarsa mengedepankan sikap koorperatif dalam menjalankan tugasnya. Baik kepada Polri maupun TNI, dia berharap agar Pam Brawijaya selalu berkoordinasi dalam bertindak.

"Kalau ada penjual dawet pakai air mentah, itu tugas kalian juga untuk mengingatkan. Langkah kecil tadi, minimal bisa membuat wisatawan nyaman," ujarnya.

Pemilik Paradise Karaoke Sutriyono Jalidin menyambut baik keberadaan pasukan pengamanan yang dibentuk oleh warga Bandungan tersebut.

Dia menilai, pengamanan tambahan untuk Kawasan Wisata Bandungan memang perlu digagas menyusul banyaknya tempat wisata, tempat ibadah, kos, dan lokasi hiburan yang menjadi tujuan wisatawan.

"Kami merasa terbantu sekali, merasa lebih aman karena masyarakat sendiri yang ikut mengamankan," kata Jalidin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com