Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Pengabdian, AKBP Asep Tak Kumpul Bersama Keluarga di Sepuluh Kali Lebaran

Kompas.com - 12/07/2015, 06:05 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


CIKOPO, KOMPAS.com
- Merayakan Hari Raya Idul Fitri tanpa keluarga sudah menjadi hal biasa bagi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Asep Pujiyono.

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jawa Barat ini, mengaku sudah sembilan kali berlebaran tanpa didampingi istri, dan tiga anak-anaknya.

"Demi tugas, dan dedikasi kepada masyarakat, saya ikhlas menyambut Lebaran tanpa didampingi keluarga," tutur Asep kepada Kompas.com, Jumat (10/7/2015).

Asep menuturkan, sejak tahun 2005 saat dia ditugaskan di berbagai kota seperti Sukabumi, Cianjur, Subang, Majalengka, Purwakarta, Sumedang hingga sekarang menjadi komandan menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik di Ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), total sembilan kali merayakan Lebaran sendirian.

"Tahun ini pun saya memilih untuk mendahulukan tugas di Tol Cipali. Jadi terhitung sepuluh kali saya berlebaran di tengah-tengah menjalankan tugas," tandas Asep.

Dia tidak mengeluh. Karena kondisi seperti ini, kata Asep, juga dialami oleh rekan kerja, dan juga anggota timnya di PJR Polda Jawa Barat. "Kalau saya mengeluh, bagaimana nanti mereka," imbuh Asep.

Kendati bertugas selama 12 jam dalam dua pergantian waktu berbeda, Asep tetap khusyuk menjalankan ibdahah puasa Ramadhan. Saat ditemui Kompas.com, dia bersama personil PJR Polda Jawa Barat lainnya tengah menikmati hidangan berbuka.

Puasa Ramadhan, dan kesendiriannya merayakan Lebaran, bagi Asep bukan penghalang baginya untuk tetap menunjukkan dedikasi melayani masyarakat. Sebaliknya, puasa Ramadhan adalah pemicu bagi Asep untuk meningkatkan pelayanan lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com