Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Bali Berharap Margriet Kooperatif meski Tolak Rekonstruksi

Kompas.com - 07/07/2015, 10:10 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Kepala Bidang Humas Polda Bali Kombes Hery Wiyanto mengatakan, pasca-rekonstruksi kasus pembunuhan Engeline (8) di Jalan Sedap Malam Denpasar, pada Senin kemarin, tersangka Margriet tetap akan dimintai keterangannya.

Upaya penyidik akan kembali dilakukan agar keterangan dari tersangka Agus Tay Hamba May (25) dan Margriet Christina Megawe (60) bisa dikonfrontasikan. Hal ini terkait penolakan Margriet untuk melakukan beberapa adegan rekonstruksi.

"Keterangan Nyonya M (Margriet ) sampai saat ini belum kami dapatkan (Margriet menolak memerankan adegan saat rekonstruksi), tetapi kami masih berusaha untuk melakukan pemeriksaan untuk tersangka M. Kami berharap bahwa (Margriet) mau berkooperatif dan meminta kepada kuasa hukumnya untuk mendampingi," kata Hery Wiyanto di Denpasar, Bali, Selasa (7/7/2015).

Saat rekonstruksi kemarin, Margriet banyak menolak memerankan adegan, seperti adegan saat pembunuhan dengan TKP di kamar Margriet, dan adegan saat penguburan Engeline di pekarangan dekat kandang ayam.

"Penolakan melakukan adegan adalah hak tersangka. Tetapi, sebenarnya dengan kewenangan kepolisian, dia juga harus nurut dengan apa yang disampaikan oleh undang-undang, karena memang kewenangan penyidik adalah diperintahkan oleh undang-undang," kata Hery.

Hery juga menjelaskan, tujuan rekonstruksi adalah untuk menyamakan apa yang disampaikan oleh saksi pada saat pemeriksaan dan menyamakan hasil kedokteran forensik yang didapatkan penyidik serta olah tempat kejadian perkara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com