Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabung Gas Bocor, Lima Rumah dan Masjid Ludes Terbakar

Kompas.com - 18/06/2015, 15:32 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Sedikitnya lima buah bangunan rumah di Kelurahan Sario Utara, Kecamatan Sario, Kota Manado, hangus terbakar saat hari pertama Ramadhan, Kamis (18/6/2015).

Di samping kelima rumah warga tersebut, sebagian dari bangunan Masjid Nurul Yaqin ikut pula terbakar. Bagian belakang masjid yang berada di lokasi kejadian itu terbakar dan hampir seluruh lantai dua yang merupakan tempat tinggal Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sario, Husein Buchari, ikut dilalap si jago merah.

Buchari yang ditemui di lokasi kejadian menduga penyebab kebakaran tersebut berasal dari arus pendek listrik atau kebocoran tabung gas.

"Tapi paling mungkin akibat adanya kebocoran tabung gas," ungkap Buchari.

Salah satu saksi mata Rivai mengatakan bahwa api berasal dari salah satu rumah kost berlantai dua milik Ne'ma.

"Saya sempat melihat api besar dari lantai dua rumah kost itu sekitar pukul 12 siang," ujar Rivai.

Api yang menjalar dengan cepat tersebut langsung menyambar empat bangunan lainnya yang berada di sekitar rumah kos tersebut, hingga mencapai bagian belakang bangunan masjid. Cepatnya api merambat membuat pemilik rumah tidak sempat menyelamatkan barang-barangnya.

Sebanyak tiga mobil pemadam kebakaran dan satu mobil water canon milik kepolisian diturunkan untuk menjinakkan api yang semakin membesar. Akses ke lokasi kebakaran yang hanya berjarak 100 meter dari jalan besar memudahkan petugas pemadam kebakaran untuk masuk hingga api bisa dipadamkan satu jam kemudian.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kali ini, namun kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Pihak kepolisian juga tengah menyelidiki penyebab pasti kebakaran ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com