Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Digratiskan, Pengamanan Jalur Sepeda Motor Tol Suramadu Diperketat

Kompas.com - 14/06/2015, 18:23 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Polisi memperketat pengamanan di jalur roda dua Tol Surabaya-Madura (Suramadu) pasca digratiskan oleh pemerintah sejak Sabtu (13/6/2015) pukul 00.00 WIB. Pengamanan itu karena jalur roda dua kerap dijadikan jalur distribusi motor curian dari Surabaya menuju Madura.

Pengaman dan pengawasan dilakukan secara tertutup dan terbuka melibatkan personel polisi berseragam dan berpakaian preman. Pengamanan juga dibantu tim Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jawa Timur.

"Akan dibangun tiga pos pantau di pintu masuk tol di Surabaya dan dua di pos di jalur menuju dan keluar Surabaya," kata Kapolsek Kenjeran, Komisaris Ridwan, Minggu (14/6/2015).

Dia tidak membantah jika jalur Tol Suramadu kerap digunakan pelaku kejahatan untuk melarikan hasil kejahatannya ke Pulau Madura.

"Banyak catatan kasus kejahatan khususnya perampasan motor yang barang buktinya dilarikan ke penadah di Madura," ujarnya.

Polisi tidak ingin, pasca kebijakan penggratisan biaya tol roda dua, aksi kriminal di jalur Suramadu akan semakin meningkat.

Koordinasi keamanan sudah dilakukan polisi jajaran dengan pihak Jasa Marga selaku pengelola Tol Suramadu. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan baru soal pelayanan tol di Indonesia. Selain kebijakan diskon 25 persen-35 persen saat masuk tol selama musim mudik, ada juga kebijakan gratis masuk tol khusus motor yang masuk Tol Suramadu.

Kebijakan itu setelah ada komunikasi dengan para tokoh Madura dan dalam upaya mendukung mobilitas masyarakat dari Pulau Jawa ke Pulau Madura dan sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com