Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Muktamar NU, Banser Digembleng Marinir

Kompas.com - 12/06/2015, 20:43 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan petugas Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdatul Ulama saat ini tengah digembleng khusus di Markas Brigif 1 Marinir di Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Fisik dan mental mereka disiapkan untuk mengamankan pelaksanaan Muktamar Nahdatul Ulama (NU) ke-33 pada Agustus mendatang di Kabupaten Jombang. 

"Para Banser itu akan banyak belajar dari pasukan Marinir Angkatan Laut bagaimana cara pengamanan massa dan antisipasinya jika terjadi sesuatu," kata Ketua Panitia Daerah Muktamar NU ke-33, Saifullah Yusuf, Jumat (12/6/2015).

Tidak hanya melibatkan Banser, ribuan "Relawan Bersarung" atau santri pesantren se-Kabupaten Jombang juga disiapkan untuk melancarkan pelaksanaan Muktamar NU nanti.

"Kemarin kami sudah menggelar apel yang dihadiri ribuan relawan dan tim sukses. Mereka tampak semangat dan siap mensukseskan muktamar," ujarnya.

Muktamar NU akan dihadiri 4.000 peserta yang merupakan nahdliyin dari berbagai daerah. Peserta penggembira diprediksi lebih banyak dari peserta resmi, yakni sekitar 50 ribu orang.  Mereka akan ditempatkan di empat pesantren di Jombang, yakni Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Darul Ulum Peterongan, Manba'ul Ma'arif Denanyar, dan Pesantren Tebuireng. 

Selain menjadi tempat penginapan, pesantren juga digunakan lokasi forum komisi. Adapun lokasi utama penyelenggaraan adalah di alun-alun Jombang dan Stadion Jombang yang akan jadi tempat Muktamar NU Expo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com