Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Jaringan Teroris Santoso di Gowa Digerebek

Kompas.com - 27/05/2015, 10:42 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Rumah Abdul Kodir alias Abu Yama, anggota jaringan teroris Poso pimpinan Santoso, yang terletak di Jalan Bontobado, poros Malino, Kelurahan Bontoramba, Kecamatan Gowa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), digerebek tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror (AT), Selasa (26/5/2015).

Kepala Polda Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Inspektur Jenderal (Irjen) Anton Setiadji membenarkan penggerebekan yang dilakukan tim Densus di rumah jaringan teroris Santoso di Kabupaten Gowa. Menurut dia, tim Densus melakukan penggerebekan dan didukung Polda Sulselbar.

"Ia, kemarin (Selasa) digerebek oleh tim Densus. Kita hanya back up saja. Semua yang tahu itu tim Densus," kata Anton di sela-sela acara olahraga bersama TNI/Polri yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo di Lapangan Karebosi, Makassar, Rabu.

Dalam penggerebekan di rumah Abu Yaman, tim Densus hanya menemukan buku-buku mujahidin. Polisi tidak menemukan senjata api ataupun amunisi seperti penangkapan terhadap Abu Yaman sebelumnya. "Semua yang tahu itu Densus, kita hanya mem-back up saja. Saya juga tidak tahu keberadaan warga Makassar yang ditangkap, apakah masih di sini atau sudah dibawa ke Jakarta. Itu semua kewenangan tim Densus," ujarnya.

Pada Jumat malam lalu, Abu Yaman ditangkap tim Densus 88 di Jalan Trans Dongga, dekat Terminal Tepu, Kabupaten Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Saat itu Abu Yaman dalam perjalanan dari Makassar ke Poso untuk membawa amunisi bagi kelompok Santoso. Barang bukti yang disita polisi berupa 677 peluru kaliber 5,56 mm, 3 butir peluru kaliber 7,62 mm, dan dua ponsel.

Polisi kemudian melakukan pengembangan dan menangkap lima warga Makassar. Awalnya, tim Densus 88 menangkap dua warga Makassar, yakni Asis alias Jaki dan Salman alias Salman Alfarezi alias Ijol di Kompleks Perumahan Pesona Indah, Kelurahan Minasasari, Kecamatan Rappocini, pada Minggu malam. Setelah menangkap kedua orang itu, beberapa saat  kemudian tim Densus menangkap tiga orang lagi di Kompleks Bulok Jl Dg Rate, Kecamatan Rappocini. Ketiga orang itu adalah Firman, Andi Irwan alias Andi, dan Hasanuddin alias Hasanuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com