Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aher: Diupayakan Tak Ada Longsor Susulan

Kompas.com - 06/05/2015, 01:28 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad "Aher" Heryawan mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menerjunkan tim untuk menangani bencana tanah longsor di Kampung Cibitung, RW 15 Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa, (5/5/2015) sore tadi.

"BPBD Jabar sudah menerjunkan tim, kita berusaha agar korban dan keluarga tertangani secara baik, juga diupayakan agar tidak ada longsor susulan di lokasi," kata Aher dalam siaran persnya, Selasa malam.

Kata Aher, personil yang bertugas di lapangan, adalah BPBD, TNI, Polri, Basarnas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Berbagai peralatan untuk memudahkan proses evakuasi di lokasi juga telah dikerahkan.

Proses evakuasi, kata Aher, harus dilakukan secepatnya mengingat masih ada 10 warga yang masih tertimbun. "Kami sudah mengirimkan personel, logistik, dan peralatan untuk penerangan di lapangan, petugas dapat bekerja hingga malam untuk evakuasi dan pertolongan kepada korban," tutur Aher.

Diberitakan sebelumnya, empat warga dilaporkan tewas akibat longsor di Kampung Cibitung, RW 15 Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa, (5/5/2015) sore tadi. Longsor dipicu oleh pipa gas panas bumi milik Star Energy yang meledak akibat adanya pergeseran tanah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com