Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keraton Jogja Ditutup untuk Wisatawan Sejak Pagi, Ada Apa?

Kompas.com - 05/05/2015, 12:19 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X diduga akan kembali mengeluarkan sabda raja di Bangsal Siti Hinggil. Salah satu indikasinya adalah, kondisi keraton yang sejak pagi ditutup untuk wisatawan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, gerbang Keben Keraton, sejak pagi pintu ditutup untuk wisatawan. Sementara itu, sejak pukul 09.00 WIB, beberapa Abdi Dalem juga sudah tampak berdatangan.

Pada pukul 10.50 WIB, rombongan Sri Sultan, menggunakan mobil dari Keraton Kilen mulai memasuki Bangsal Siti Hinggil. Sekitar 10 menit melakukan pembicaraan, pada pukul 11.18 WIB, terlihat beberapa abdi dalem Kraton mulai keluar dari Bangsal Siti Hinggil.

Rombongan Sri Sultan pun menyusul keluar menuju Kraton Kilen menggunakan mobil. Ketika dikonfirmasi terkait kemungkinan akan ada sabda tama dari Sri Sultan HB X, kerabat keraton dan beberapa abdi dalem enggan berkomentar.

Seperti yang telah diberitakan, Kamis (30/4/2015) lalu, Sri Sultan mengeluarkan Sabda Raja yang berisi lima poin, di antaranya pergantian nama dan penghapusan gelar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com