Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamin Tak Ada Kolusi, Calon Polisi Tanda Tangani Pakta Integritas

Kompas.com - 04/05/2015, 13:01 WIB
Kontributor Kompas TV, Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com — Sebanyak 218 peserta seleksi calon Brigadir dan Tamtama tahun anggaran 2015 menandatangani pakta integritas di Markas Kepolisian Resor Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (4/5/2015).

Kegiatan yang digelar di Aula Andi Sappa ini dimaksudkan untuk menegaskan bahwa proses seleksi calon siswa anggota Polri di Poso berlangsung secara transparan, jujur, akuntabel, dan humanis.

Dalam kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIT itu, hadir Kepala Polres Poso AKBP Ronny Suseno, Bupati Poso Piet Inkiriwang, Komandan Kodim 1307 Letkol Inf Ryan Hanandi, dan semua perwakilan orangtua siswa yang lolos dalam seleksi berkas Penerimaan Calon Brigadir dan Tamtama Tahun anggaran 2015.

Ketua Panitia Seleksi, Kabag Sumda Polres Poso Kompol Duka Bedu di Mapolres Poso, mengatakan, dari total pelamar yang mencapai lebih dari 400 orang, hanya 218 orang yang dinyatakan lolos seleksi berkas, tinggi badan, dan berat badan.

“Kita berharap dengan adanya pembacaan dan penandatanganan pakta integritas, seluruh calon siswa yang telah dinyatakan lolos berkas untuk selanjutnya berangkat ke Palu betul-betul sesuai dengan proses tanpa ada kolusi dan nepotisme," kata Duka.

Seleksi penerimaan calon anggota Polri di Polres Poso tahun anggaran 2015 berlangsung selama dua minggu, mulai dari tanggal 12 April hingga Sabtu, 3 Mei 2015. Sebanyak 218 calon siswa dinyatakan lolos berkas, terdiri dari 165 untuk Brigadir dan 53 orang untuk Tamtama.

Semua calon siswa yang dinyatakan lolos berkas tahap pertama di Polres Poso tersebut akan diberangkatkan ke Polda Sulawesi Tengah, Selasa (5/5/2015), untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Proses seleksi yang akan dijalani oleh para calon siswa adalah pengecekan ulang seluruh berkas, ukuran tinggi badan, berat badan, serta menjalani tes tertulis dan tes jasmani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com