Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Kecelakaan AirAsia, Monumen Keselamatan Penerbangan Dibangun di Pangkalan Bun

Kompas.com - 15/04/2015, 11:05 WIB
Megandika Wicaksono

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo dan sejumlah pejabat daerah disambut tarian Silat Kutamara dalam rangkaian kegiatan Peletakan Batu Pertama Monumen Keselamatan Penerbangan di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Rabu (15/4/2015).

Silat Kutamara merupakan tarian khas Kotawaringin yang biasa digunakan untuk menyambut tamu. Dalam tarian itu terdapat dua anak laki-laki menunjukkan ketangkasan silat sambil menebas sebuah tali dengan mandau. Hal ini melambangkan pembukaan jalan.

Tarian itu dipersembahkan oleh Sanggar Kemuning dari Pangkalan Bun. Setelah tarian, upacara adat Ikat Tongang juga digelar untuk memohonkan keselamatan.

Soelistyo didampingi Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar, Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran, dan Kapolda Kalteng Brigadir Jenderal Polisi Bambang Hermanu.

Hari ini digelar sejumlah acara antara lain peresmian Kantor Basarnas di Pangkalan Bun, peletakan batu pertama Monumen Keselamatan Penerbangan di Pantai Umbang, pemberian penghargaan kepada nelayan pemberi informasi terkait musibah AirAsia QZ8501 pada Desember 2014 lalu.

Pesawat jenis Airbus seri 320-200 dengan nomor registrasi PK-AXC itu jatuh di Selat Karimata dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura. Dari 162 kru dan penumpang dalam musibah itu, Basarnas telah mengevakuasi 106 jenazah. Sebanyak 99 jenazah pun telah diidentifikasi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com