Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumahnya Diperbaiki Jokowi, Bocah Ali Angkat Tangan Beri Hormat

Kompas.com - 13/04/2015, 10:52 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Ali, bocah enam tahun yang menjadi pembicaraan karena ternyata telah merawat ibunya yang tunanetra dan tuli, serta adik dan kakaknya yang mengalami keterbelakangan mental, mendapat bantuan dari Presiden Joko Widodo.

Bantuan itu disampaikan dalam bentuk renovasi rumah. Rumah panggung yang semula kumuh, tanpa kamar mandi dan toilet, kini "disulap" menjadi rumah paling mewah di Dusun Toerang, Batu, Desa Batetangga, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Pembangunan rumah itu telah rampung sejak beberapa hari lalu. Ali, meski masih bocah, tentu bisa mengekspresikan kebahagiaannya atas bantuan tersebut. Namun, aksi apa yang akan dilakukannya jika bertemu Presiden? Ali mengaku akan mengangkat tangan memberi hormat, sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Jokowi.

Ali juga akan meminta sepeda dan televisi kepada Presiden agar dia tak perlu lagi meninggalkan rumah dan ibunya hanya untuk menonton televisi di rumah tetangga. "Saya mau bilang terima kasih kepada Presiden," tutur Ali sambil mengangkat tangan memberi hormat.

Saat rumahnya dibangun, Ali dan keluarganya menumpang di rumah tetangga. Selama menumpang, Ali mengaku diperlakukan secara istimewa. Dia tak lagi ikut membantu memasak, mencari kayu bakar, dan mengurus ibu dan saudara-saudaranya.

Sudah sejak tiga pekan terakhir, rumah panggung itu ramai dikunjungi warga. Layaknya rumah pejabat, rumah Ali, yang semula sepi, mendadak ramai dengan kunjungan nyaris tanpa jeda. Banyak orang datang ke sana, mulai dari warga sekitar hingga pejabat tinggi dan polisi.

Terakhir, Minggu (12/4/2015), ibu-ibu dari Bhayangkari bersama Kepala Polres Polewali Mandar AKBP Agoeng Adi Kurniawan ramai-ramai mendatangi rumah Ali. Mereka menyerahkan bantuan berupa beras, minyak goreng, telur, ikan kemasan kaleng, dan makanan instan lainnya. Ali juga mendapat piagam penghargaan atas ketulusannya merawat ibu dan saudara-saudaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com